Mau sehat badan sekaligus rohani? Gampang. Biasakan melakukan hubungan intim dengan pasangan secara teratur. Nah, asyik kan?

n Betul lho, hidup sehat dengan bercinta secara rutin jauh lebih mudah, murah dan menyenangkan dari pada melakukan diet misalnya. Jadi, membina hubungan lebih intim dengan pasangan sudah pasti bakal menyehatkan. Menurut para ahli, melakukan hubungan seksual secara teratur memiliki pengaruh yang luar biasa untuk kesehatan. Para dokter juga mengklaim bahwa bercinta dapat memperlambat proses penuaan, meningkatkan sistem kekebalan, meningkatkan sirkulasi dan membuat hidup lebih lama.

Beberapa ahli percaya bahwa cara yang paling efektif untuk berpenampilan tetap muda adalah menpertahankan kehidupan seks yang aktif.

Tak pelak lagi seks merupakan olahraga yang paling menyenangkan. Pasalnya seks dapat meningkatkan denyut jantung dan mempompa oksigen sekitar tubuh yang dapat meningkatkan sisitem kekebalan. n Apa saja sih keuntungan seks bagi kesehatan? intip 10 poin berikut yang bakal bikin Anda tambah semangat melakukannya:

1. Menjadikan awet muda
Menurut penelitian, orang yang melakukan hubungan seksual tiga kali dalam seminggu terlihat empat sampai tujuh tahun lebih muda. Hal ini karena seks merupakan bentuk olah raga yang memberikan peremajaan kulit. Hubungan seks dilakukan dengan penuh semangat berarti akan banyak oksigen yang terpompa di sekitar tubuh yang dibawa darah dan nutrisi pada permukaan kulit.

2. Membuat tubuh menjadi fit
Meskipun seks bukan cara paling efektif untuk menurunkan berat badan, Anda dapat membakar antara 100 dan 250 kalori per jam dan juga olah raga otot-otot secara menyeluruh.

3. Menjaga Anda tetap langsing
Hubungan seksual meningkatkan tingkat insulin-seperti faktor penumbuh (IGF)-suatu hormon yang dapat mengontrol aktifitas enzim dalam sel-sel yang bertanggung jawab pada metabolisme lemak. Ketika tingkat IGF lebih tinggi dikeluarkan, membantu menghacurkan lapisan lemak.

4. Meningkatkan kekebalan
Penelitian telah menunjukkan bahwa orgasme dapat membantu menstimulus sistem kekebalan. Hal ini terjadi karena dapat meningkatkan tingkat T3 dan T4 sel lymphocyte-sejenis sel darah putih yang dapat memproduksi anti bodi dan menyerang infeksi sebanyak 20%.

5. Meningkatkan mood
Ketika seorang wanita mencapai orgasme, mereka mengeluarkan suatu hormon seks yang disebut oxytocin yang diproduksi oleh bagian dasar otak yang dapat membangkitkan perasaan emosional seperti kehangatan dan saling asuh yang membantu meningkatkan pertalian di antara dua orang.

6. Mengurangi stress
Ada bukti ilmiah yang kuat bahwa orgasme dapat memicu pengeluaran endorphins-bahan kimia yang dikeluarkan otak yang bertindak sebagai painkillers efektif.

7. Membantu mencegah penyakit jantung
Seks memiliki keuntungan khusus bagi pria, terutama jika mereka berumur 40 tahun lebih. Karena seks dapat membantu meningkatkan testosteron yang dapat melindungi jantung.

8. Membantu sirkulasi
Seks adalah olahraga yang dapat meningkatkan sirkulasi darah karena akan membiarkan oksigen dan nutrisi mengalir dalam aliran darah lebih mudah.

9. Memperpanjang umur
Para peneliti telah menghubungkan hidup lebih panjang dengan frekuensi seks baik pria dan wanita.

10. Menurunkan risiko kehamilan
Suatu penelitian tahun 1994 menemukan bahwa wanita yang melakukan seks dalam hubungan jangka panjang memiliki resiko komplikasi lebih kecil dalam masa kehamilan.

hanyawanita.com