Ada 5 pedoman atau cara menjadi sukses yang sangat bagus yang saya dapat (kalau tidak salah) dari buku Berpikir dan Berjiwa Besar karangan David J Schwartz. Salah satu materi buku itu bercerita tentang tips atau cara bagaimana merubah kekalahan menjadi kemenangan. Buku itu juga menerangkan tentang perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan didapatkan pada sikap orang terhadap kemunduran, cacat, keputusasaan, dan situasi lain yang mengecewakan. Berhubung tipsnya sangat bagus, maka saya bagikan kepada anda melalui tulisan ini. Moga-moga kiat ini bisa memberi dorongan bagi anda untuk terus menghidupkan semangat bisnis anda.

Karena insya Allah, 5 pedoman berikut ini dapat membantu anda tetap konsisten untuk selalu memperbaiki kesalahan dan kegagalan bisnis anda. Terutama bagi anda yang merasa sudah bersusah payah membangun sebuah bisnis, tetapi tidak berkembang.

1. Pelajari kemunduran untuk melicinkan jalan menuju keberhasilan.
Ketika Anda kalah, belajarlah, dan kemudian lanjutkan untuk menang pada kesempatan berikutnya.
2. Miliki keberanian untuk menjadi kritikus diri sendiri yang konstruktif.
Selidiki kesalahan dan kelemahan anda dan kemudian perbaiki. Ini membuat anda sukses.
3. Berhentilah menyalahkan nasib.
Periksa setiap kemunduran. Cari tahu apa yang keliru. Ingat, menyalahkan nasib tidak pernah membawa orang ke tempat yang ia tuju.
4. Gabungkanlah ketekunan dengan eksperimen.
Tetaplah dengan cita-cita anda, tetapi jangan benturkan kepala anda ke dinding batu. Cobalah pendekatan baru. Bereksperimenlah.
5. Ingatlah, ada sisi baik dalam setiap situasi.
Carilah sisi baik itu. Lihatlah sisi yang baik dan tolaklah rasa frustasi