WordPress, blog engine open source paling populer, banyak blogger yang menggunakan wordpress untuk mempublikasi pikiran atau ide-ide mereka, tak sedikit pula yang menjalankan bisnis internet dengan wordpress. Bukan hanya dikenal karena gratisan atau kemudahan menjalankannya. Namun dengan luasnya dukungan pada WP banyak sekali add on atau plugin-plugin yang tersedia untuk mengoptimalkan fungsi blog WP.

Dengan menginstall plugin-plugin yang tersedia para blogger dapat mengoptimasi dan memangun blog dengan WP sesuai dengan yang mereka inginkan. Tetapi dengan menginstall plugin-plugin wordpress secara berlebihan justru dapat menurunkan performa blog WP mereka seperti loading yang terlalu berat, atau wp theme menjadi berantakan. Oleh karena itu para blogger pengguna wordpress harus selektif untuk menggunakan plugin-plugin yang dibutuhkan.

Berikut adalah plugin WordPress yang harus diinstall pada blog WP untuk mengoptimalkan fungsi wordpress tanpa menurunkan performanya.

WP Super Cache
Plugin WP Super Cache dapat mempercepat proses pada saat posting atau membuat Page baru di wordpress dengan membuat versi static HTML dari postingan atau page yang baru. Hal ini mengurangi kinerja server hosting untuk meng-generate postingan atau page.

Akismet
Plugin ini tak asing lagi dikalangan para pengguna WP untuk mencegah atau mengurangi Comment Spam di blog mereka, sangat mengganggu jika harus mengurusi komentar di wp yang ternyata hanyalah spam saja, dan saya yakin spam comment tersebut tidak hanya muncul satu atau dua saja. Akismet dapat melakukan block pada spammer dengan memfilter para comment spammer yang telah masuk daftar blacklist di database akismet. Menurut para pengguna wordpress plugin ini 90 % sangat ampuh dan akurat untuk memblokir spam comment.

WP-SpamFree
Plugin ini dapat dikatakan sebagai pendamping dari Akismet, karena meskipun akismet ampuh untuk memblokir spammer tetapi hanya spammer yang telah terblacklist di database akismet, disinilah fungsi WP-SpamFree dengan menambahkan fungsi tambahan untuk memblokir para spammer melalui Cookie dan teknik JavaScript untuk memastikan para Komentator tidak menggunkan remote-site scripting atau client site-scripting untuk secara otomatis dan massal mengirimkan comment mereka.

Google XML Sitemaps Generator
File XML Sitemap sangat berguna jika blogger ingin blog mereka dikunjungi spider bot SE seperti Googlebot dan diindex secara optimal. Plugin ini secara otomatis menggenerate file sitemap.xml dan mengupdate saat kita melakukan posting baru di wordpress, selain itu Google XML Sitemaps juga melakukan ping ke beberapa Search Engine saat blogger mengupdate blog mereka.

All In One SEO Pack
Plugin ini sangat membantu untuk memperoleh visitor dari search engine, karena plugin ini meningkatkan visibilitas dari blog wp di hasil Pencarian SE.

WP-PageNavi
WP-PaneNavi mempermudah pengunjung blog karena menambahkan fitur paginasi atau penomoran halaman di blog wordpress. Plugin ini sangat mudah dalam konfigurasi dan kostumisasi tentang tampilan atau fungsinya.

Iklan