7 Hal pintar yang dilakukan orang sukses tanpa kuliah

Bahasa Indonesia: Sabagian mahasiswa Prodi Sun...

Bahasa Indonesia: Sabagian mahasiswa Prodi Sunda S2 angkatan 2010 moseu sarengsena kuliah (Photo credit: Wikipedia)

 Ironisnya, sebagian orang berhasil mencapai kesuksesan tanpa harus menimba ilmu sebagai mahasiswa. Sebaliknya, banyak lulusan perguruan tinggi yang masih menganggur dan jobless. Sedangkan orang yang tidak tamat kuliah mereka lebih banyak berbuat dan mempunyai ahli dari pekerjaan mereka sendiri. dan ini merupakan beberapa tips yang dilakukan oleh orang-orang sukses yang mereka terapkan tanpa harus kuliah.

Berikut adalah 7 Hal pintar yang dilakukan orang sukses tanpa kuliah, seperti dilansir Forbes.

1. Anda dapat belajar sesuatu yang bermanfaat dari siapa pun

Titel tinggi belum tentu menjanjikan kepintaran lebih. Banyak orang di luar sana yang memiliki pengetahuan lebih luas dibanding lulusan kuliah sekali pun. Anda bisa mempelajari banyak hal dari orang lain dan menerapkan dalam kehidupan anda.

2. Tidak peduli seberapa baik ide Anda

Orang yang tak kuliah sering berpikir di luar kotak dan tidak mengikuti aturan. Beda dengan lulusan perguruan tinggi, sebagian besar dari mereka diajarkan untuk mengikuti aturan.

3. Tidak suka diintimidasi

Mereka merasa bebas dan tidak suka diintimidasi oleh orang lain. Bullying hanya akan meruntuhkan ide kreatif seseorang.

4. Belajar itu baik, melakukan itu lebih baik.

Belajar teori itu baik, namun ada yang lebih penting, yakni praktek. Bahkan, seseorang yang tak pernah masuk kuliah bisa melakukan sesuatu yang lebih baik dari lulusan perguruan tinggi. Kenapa? Mereka belajar dari melakukan dan mencoba secara terus-menerus. Mereka sudah merasakan jatuh dan belajar untuk bangkit.

5. Balas budi

Keberhasilan seseorang tergantung pada bantuan orang lain. Hubungan timbal balik antar manusia memberikan kesempatan seseorang untuk berkembang. Meski terdengar sepele, membalas budi bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

6. Bersikap baik tanpa pandang bulu

Bersikap baik pada semua orang, tanpa pandang bulu. Keengganan untuk bersikap ramah pada orang lain, membuat seseorang sulit sukses. Percayalah, kebaikan apa pun yang Anda lakukan untuk orang lain akan berbuah manis di kemudian hari.

7. Uang memang penting, tetapi pengalaman lebih berharga

Semua orang membutuhkan uang. Namun, ada yang lebih berharga dari sekadar uang, yakni pengalaman. Ketika Anda berinvestasi pada pengalaman, Anda akan mendapatkan pembelajaran baru, cara berpikir baru, dan masih banyak lagi.

Ada banyak hal penting yang bisa kita pelajari di luar sana. Tidak terbatas, kawan! Belajar memang baik, tetapi melakukan lebih penting.